Apakah ini Penipuan? Contoh Penipuan via SMS - Blog Safriadi Lamba

Hot

Post Top Ad

Monday, February 6, 2017

Apakah ini Penipuan? Contoh Penipuan via SMS


Pernah mendapat SMS yang isinya kamu menang hadiah besar seperti mobil, motor atau uang ratusan juta tanpa pernah ikut suatu undian? Jika ya, kamu tidak sendiri. Hati-hati itu adalah penipuan.

Saat ini sangat marak terjadi kasus penipuan via ponsel, baik telepon ataupun SMS. Hanya segelintir kecil kasusnya yang bisa diungkap oleh pihak berwajib seperti yang ditayangkan di berita-berita televisi. Namun banyak sekali kasus penipuan lain yang belum terungkap. Penipuan via ponsel sendiri memiliki modus yang beragam, dari yang paling sering seperti, SMS berisi informasi menang Undian berupa mobil, motor atau uang yang fantastis. Si penipu memanfaatkan ketidaktahuan dan rasa ketamakan hadiah yang diiming-imingkan dari seorang korban. Bahkan untuk meyakinkan, si penipu juga mengirimkan link alamat situs palsu yang mereka buat sebelumnya yang menginformasikan tentang undian dengan mengatas-namakan sebuah perusahaan.

Selain modus tersebut, ada modus penipuan dengan memperdaya korban dengan meminta uang atau pulsa dengan cara menyampaikan sebuah cerita yang meyakinkan, misalnya, si penipu menelpon korban dan mengatakan bahwa ada kerabat korban yang ditangkap polisi. Dalam pembicaraan telpon tersebut, ada penipu lainnya yang berpura-pura menjadi polisi dan membujuk korban untuk menyelesaikan kasus kerabatnya dengan cara damai, yaitu meminta ditransfer uang dalam jumlah tertentu segera mungkin. Bagi korban yang mudah panik dan yakin akan cerita si penipu, tentu saja siap-siap kehilangan uangnya.

Selanjutnya, ada satu lagi modus penipuan yang terdengar aneh tapi nyata, yaitu hipnotis melalui pembicaraan telpon. Si penipu dengan ilmu hipnotis membujuk si korban untuk mengirimkan sejumlah uang, dan tanpa sadar si korban menuruti kemauan si penipu ulung ini. Dalam kasus ini, resiko penipuan sangat besar terjadi. Saya sendiri sangat percaya dengan cerita modus penipuan hipnotis melalui telpon, karena ada kawan akrab saya yang pernah jadi korban penipu dengan modus ini.

Dari beberapa kejadian diatas, kita seharusnya semakin hati-hati untuk menghindari tindakan penipuan seperti ini. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa saran jika anda mendapatkan telpon/SMS penipuan:
  1. Jika anda mendapat telepon/SMS berisi informasi pemenang hadiah, sedangkan anda tidak pernah mengikuti undian, silahkan anda indahkan (tidak peduli) atau segera tutup telpon lawan bicara tersebut.
  2. Jika anda mendapat telepon/SMS berisi berita bahwa keluarga/kerabat anda sedang ditangkap polisi/sedang kecelakaan namun si penelpon meminta imbalan/uang, segera tutup telpon. Jika anda masih ragu silahkan hubungi keluarga/kerabat dekat anda yang lain untuk memeriksa kebenaran informasi tersebut.
  3. Jangan mudah percaya terhadap iming-iming hadiah, hadiah apapun
  4. Selalu tanya/komunikasikan dengan keluarga/kerabat terdekat
  5. Jangan mudah panik
Berikut contoh-contoh SMS penipuan yang pernah masuk ke hp saya.






No comments:

Post a Comment

Post Top Ad