Gara-gara USB OTG. Apa itu USB OTG? - Blog Safriadi Lamba

Hot

Post Top Ad

Thursday, January 29, 2015

Gara-gara USB OTG. Apa itu USB OTG?

Gambar ini iseng saja, USB OTG tidak support feature phone ;-)
USB OTG masih terdengar asing ditelinga, padahal teknologi ini sudah muncul beberapa tahun lalu. USB OTG atau USB On-The-Go adalah teknologi yang memungkinkan kita menghubungkan flashdisk, mouse wireless dan Keyboard melalui smartphone atau tablet. Kita bisa mengakses data yang ada di flashdisk melalui smartphone. USB OTG memudahkan kita jika ingin memindahkan data ke flashdisk tanpa laptop/PC. Teknologi ini biasanya dimiliki oleh smartphone atau tablet premium. Tapi jangan salah lho, smartphone atau tablet lokal/cina misal Advan sudah menerapkan teknologi ini di gadget terjangkau sejak 2012.

Saya tertarik menulis artikel ini karena pengalaman saya dengan USB OTG. Awalnya saya tidak begitu sadar kalau smartphone saya, ASUS Zenphone 5, sudah mendukung USB OTG. Fitur ini adalah fitur baru yang disediakan ASUS setelah melakukan update ke versi Kitkat baru-baru ini. Suatu hari, ada kawan saya nanya, "Hape kamu bisa gak buka flashdisk? Ada kawan saya pakai hape ini dan bisa buka flashdish lo?". Saya jawab "Keren jugak ya, saya tidak tau apa bisa atau tidak, nanti saya cari tau". karena penasaran, akhirnya saya googling, dan ternyata... Smartphone saya sudah support USB OTG, senang rasanya. Walaupun sudah telat tapi tetap aja keren, hahah.

Sorenya, saya langsung ke toko komputer untuk membeli Kabel yang namanya USB OTG. Tanpa tawar menawar, kabel berharga 25rb itu langsung saya bayar. Saya tancapkan kabel USB OTG tadi ke smartphone Asus saya, kemudian saya sambungkan flashdisk, dan taraaaaa.... semua data di flash disk saya dapat diakses lewat hape. Saya coba memutar sebuah film, Guardian of Galaxy 720p, yang ada dalam flashdisk saya, dan filmnya berjalan sempurna tanpa tersendat-sendat. Saking bahagianya, langsung ambil hape, foto dan upload ke facebook buat pamer, hahaha. Tapi itulah, gara-gara sikap pamer yang tidak penting ini, sebuah pengalaman tidak enak terjadi.

Karena postingan di Fb tadi, banyak kawan yang penasaran dengan Kabel tersebut. Mereka menanyakan saya tentang USB OTG, saya bilang tidak semua Smartphone dan Tablet support Kabel ini. Beberapa orang kawan meminjam kabel saya dan mencobanya di gadget mereka. Tapi, tidak semua berhasil dan satu diantara mereka mengalami kejadian yang menyedihkan. Si kawan tersebut sebelumnya sudah berhasil membuka data flashdisk lewat hapenya, dan sudah melepaskan flashdisk dengan unmount USB memory untuk keamanannya. Tapi 5 menit setelah itu, tablet padam gelap tidak bernyawa, padahal sudah dicoba diberikan nafas buatan. hikhikhik. Inilah pengalaman yang tidak enak tersebut. Akhirnya kawan saya harus membawa tabletnya ke service center dan harus menunggu perbaikan selama sebulan karena dikirim ke Jakarta. Menurut teknisi disana, terjadi korslet saat menggunakan kabel USB. Sampai hari ini tabletnya belum siap. Sedihnya... Saya janji tidak mau pamer-pamer lagi.

3 comments:

  1. jangan lewatkan keseruan bermain poker onlie uang asli bersama donacpoker
    dan jangan lewatkan bonus 2kali sehari yang bisa kalian dapatkan sebesar 10%
    hanya di www.donacopoker.net atau bisa hubungi langsung kontak di bawah ini
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donacopoker
    WHATSAPP : +85515875229

    ReplyDelete
  2. Happy Saturday para member setia ANAPOKER, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua informasi untuk kalian yang mau bermain game poker online dengan mudah yang bisa kalian mainkan di genggaman kalian,bukan sekedar bermain game saja akan tetapi kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dalam bermain poker ini, jadi untuk kalian yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan kalian bisa mencoba permainan ini dan dapatkan kemenangannya sekarang juga hanya bersama kami AGEN POKER TERPERCAYA SE-INDONESIA .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:

    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga :) :D

    ReplyDelete

Post Top Ad